INDONESIA-BLOGGER
iklan banner
iklan banner

5/28/2013

HATI-HATI IHSG DIBAWAH 5100



Selamat Pagi...
IHSG kembali memerah dan bahkan kali ini ditutup dibawah indeks psikologi 5100 (di 5085),dan Asing masih lebih banyak membuang saham 1,2 Triliun, ini berarti dalam 3 hari terakhir asing sudah lebih 2 Triliun net sell nya di bursa dan nilai Rupiahpun juga nampak melemah bisa jadi hasil penjualan sahamnya dibelikan dollar.
Kalau ini benar maka cukup berbahaya karena ibarat tertusuk dua sisi gunting IHSG tertekan dan rupiah melemah. Kalau pelemahan rupiah melewati 9900 dan mengarah 10.000 menjadi serius masalahnya, moga2 sih tidak sampai kesitu.
Tentu pada bertanya-tanya kenapa?? setiap analis memang punya kerjaan untuk mencari penyebabnya dan berhak pula menyatakan pendapat sekalipun itu disclaimer.
Sekedar ikut sharing seperti beberapa kali saya sampaikan bahwa IHSG di ketinggian sangat sensitip terhadap berita negatip termasuk kondisi regional. Kemarin Nikkei turun lagi -3,7% artinya dlm 3 hari Nikkei sudah longsor 10%, ini juga penyakit yang mudah menular termasuk ke bursa kita.
Sudah saya ulas juga saham Perbankan merupakan ujung tombak, kalau saham terebut mengalami punurunan beruntun dan cukup signifikan ini juga indikasi arah bursa, lihat saja saham2 Perbankan besar beberapa hari ini juga turun, simple saja bicara ekonomi dan keuangan selalu berkaitan dengan perbankan. 
Kalau ada analis lain yang mengatakan ini faktor internal juga sah-sah saja  BBM yang Di tunda-tunda telah membuat ketidak pastian serta membuat harga barang naik duluan sebelum nanti DInaikkan lagi ketika BBM naik he..hee.. jadi inflasi tambah tinggi akibatnya.
Kalau inflasi tinggi..?? tentu solusinya bunga dinaikkan, kalau bunga naik?? Kredit jadi melemah kan?? dan ada kecenderungan perpindahan portofolio pasar modal ke pasar uang. Itu kira2 alurnya...
Itu hanya analisis saya moga2 ada kondisi lain yang lebih baik sehingga penurunan IHSG tidak berlarut-larut yang membuat panic selling para trader, karena kalau panic bisa lebih berbahaya karena ada produk Short Selling (syarat dan ketentuan berlaku), kalau sudah terlanjur jualan maunya harga turun terus supaya bisa ambil bawah kan ?? nah dipakailah senjata "short sell" tadi.
Saham yang bagus akan nampak kemilaunya ketika IHSG tertekan, lihat saja KIJA, INKP masih saja menghijau, dan beberapa saham konstruksi mampu bertahan tidak sampai anjlok banget.
Saatnya melihat saham bagus dan saatnya menukar portofolio, bila pasar rebound hasilnya lebih optimal.
Tetap Sabar, tetap Disiplin, tidak emosional dan jangan ragu....
Berikut saya sertakan chart hasil karya Keneisha yang bisa digunakan sebagai pertimbangan teman-teman.
Bila teman2 ingin diskusi pada jam2 trading silahkan gunakan shout box, saya dan Ken bila sedang didepan monitor pasti kami temani.
salam
investa

1 komentar:

Anonim mengatakan...

testing komentarnya

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes