INDONESIA-BLOGGER
iklan banner
iklan banner

5/27/2013

Strutup tehnya sebelum trading

Selamat pagi...
Kondisi Bursa global dan regional kemarin beragam, NIKKEI 225  kemarin naik kembali setelah sehari sebelumnya anjlok 7,3%, tetapi kenaikan kemarin belum bisa diharapkan berlanjut karena pagi sempat naik diatas 3% tapi ditutup cuma naik dibawah 1%.
Eropa rata2 juga masih tutup merah, oil dan pertambangan lain juga masih stagnan. Barita kondisi keuangan dan ekonomi global juga bervariasi antara yang negatip dan positip.
Sehingga kemungkinan hari ini IHSG akan bergerak dalam rentang 5140  sampai 5195, sektor properti, konstruksi dan makanan ternak masih merupakan sektor yang punya pertahanan kuat dan bahkan cenderung naik.
Saham2 yang berfundamental kuat akan cepat sekali rebound ketika sebelumnya tertekan karena faktor EKSTERNAL.
Jadi ketika IHSG sedang tertekan carilah saham yang mempunyai fundamental bagus dan begitu sinyal pasar menunjukkan rebound silahkan masuk pada saham2 tersebut karena potensi naiknya akan lebih cepat dan tinggi. Trader juga bisa menukarkan portofolio yg stagnan ke saham2 tersebut agar berpotensi mendapatkan cuan lebih baik.
Saham2 perbankkan nampaknya lagi butuh istirahat karena kenaikan harga sejak awal tahun sudah banyak yang melebihi kenaikan Laba Usaha nya (secara persentase), ini analisa saya yg sederhana saja.
Kinerja indeks sektoral sampai saat ini menempatkan Sektor Properti paling tinggi yaitu 56,36% (YTD), sektor Barang Konsumsi 37,06%, Perdagangan 21,94%, Keuangan 21,87% dan sektor yang justru minus adalah Pertambangan -13,77%, Pertanian -8,47% dan Aneka Industri -5,33% (sumber Kontan).
Pertumbuhan Laba sektor properti memang bagus lihat saja laba usaha nya baik akhir th.2012 maupun kwartal satu tahun 2013 ini, jadi masih layak untuk dimasukkan dalam komposisi portofolio.
Bahkan Moody's menyatakan pengembang di Jabotabek akan mendapatka keuntungan besar karena permintaan yang sangat tinggi.
Saya prediksikan sampai akhir tahun sektor properti dan konstruksi akan tetap bagus, tentu jika kondisi normal kalaupun kondisi memburuk sektor ini kalaupun mengalami penurunan setidaknya tidak akan terlalu parah.
Selain tidak banyak terpengaruh ekspor juga merupakan permintaan yang tinggi.
Berita terakhir ada beberapa rencana Aksi Korporasi dari beberapa Emiten seperti DNET yang akan Right Issue sampai 7 Triliun untuk akuisisi perusahaan di sektor makanan, demikian pula LCGP juga mau HMETD, ini semua silahkan dicermati.
Jadi kenaikan harga bisa diakibatkan adannya berita aksi korporasi, ini mencerminkan bahwa harga saham itu cenderung lebih terpengaruh ekspektasi kedepan dibandingkan masa lalu, meskipun masa lalu penting untuk menilai historisnya.
Saya sarankan sementara tetap main jangka pendek, nikmati cuan yang anda targetkan sendiri karena dalam kondisi IHSG diketinggian rawan berita buruk yang bisa datang tiba2 seperti Kamis minggu lalu.
Semoga sukses, semoga cuan, semoga tidak rugi.(maunya sih...).
salam,
investa.


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes